Sejarah

Sejarah Singkat
WALHI (Wahana Lingkungan Hidup Indonesia) Daerah Bengkulu merupakan organisasi non pemerintah yang bergerak di bidang advokasi terhadap isu – isu lingkungan dan pengelolaan sumber daya alam. 30 Agustus 1997 menjadi cikal bakal perjalanan gerakan sosial dan  lingkungan hidup WALHI (Wahana Lingkungan Hidup Indonesia) Daerah Bengkulu.  Berdirinya WALHI Bengkulu atas dasar keresahan para pendirinya akantantangan kerusakan lingkungan hidup yang semakin masif di seluruh penjuru negeri termasuklah saat itu di provinsi Bengkulu. Sejak berdirinya WALHI Bengkuluselalu berupaya bersama masyarakat mewujudkan gerakan sosial dan gerakan lingkungan yang berkeadilan rakyatdemokratis untuk menjamin keberlanjutan sumber-sumber kehidupan sebagaimana yang tertera dalam visi dan misi organisasi.

Visi WALHI Bengkulu berupaya mewujudkan gerakan sosial dan gerakan lingkungan yang berkeadilan rakyat demokratis untuk menjamin keberlanjutan sumber-sumber kehidupan.

Misi dan Peran WALHI Bengkulu mengemban misi sebagai wahana perjuangan penegakan kedaulatan dan demokrasi untuk pemenuhan keadilan pemerataan social, pengawasan rakyat atas kebijakan pengelolaan lingkungan hidup dan sumber-sumber kehidupan rakyat, serta penyelengaraan pemerintahan yang adil dan demokratis.WALHI Bengkulu adalah jaringan pembela lingkungan hidup yang pluralistik dan independen yang aktif melakukan study kebijakan, mensinergikan kekuatan antar organisasi non pemerintah dalam advokasi lingkungan hidup dan sumber-sumber kehidupan rakyat (advokasi hutan, tambang, air, pesisir dan laut, reformasi hukum dan pengelolaan sumber daya alam. Energi, pencemaran, pengelolaan bencana dan globalisasi), meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam pengelolaan lingkungan hidup, melakukan pengelolaan informasi, memfasilitasi dialog antara masyarakat dengan berbagai  kelompok kepentingan, menggalang dan memobilisasi sumber daya publik serta mengembangkan kemampuan sumber daya organisasi. Nilai-Nilai Dasar Dalam memainkan peran di atas, WALHI Bengkulu berorientasi pada nilai-nilai demokratis, keadilan antar generasi, keadilan gender,  penghomatan pada makhluk hidup, persamaan hak masyarakat adat, solidaritas, anti kekerasan, keterbukaan, keswadayaan dan profesionalisme.

Lembaga Anggota WALHI Bengkulu memiliki 11 anggota organisasi yakni:

1. Akar Foundation

2. Bird Watching Club

3. Genesis Bengkulu

4. Gemini

5. Kanopi Hijau Indonesia

6. Kelopak Bengkulu 

7. Karunia Tumbuhan Indonesia

8. Lembaga Pendidikan Islam

9. LiVE

10.MAPETALA Bengkulu

11.Yayasan Mitra Desa